Kamis, 17 Februari 2011

SIFAT-SIFAT KEPRIBADIAN MANUSIA

Setiap manusia itu adalah unik dan tidak ada satu pun manusia yang dilahirkan dengan sifat yang betul-betul sama, bahkan pada kembar identik sekalipun. Kita semua dilahirkan dengan watak dasar yang menjadi ciri khas kita sendiri. Meskipun pada beberapa orang mungkin saja memiliki sifat-sifat yang mirip, tetapi tidaklah sepenuhnya sama. Watak dasar manusia inilah yang disebut dengan kepribadian. Banyak teori yang mengulas jenis-jenis kepribadian manusia dan dijadikan pegangan dalam memahami manusia satu sama lain. Telah berabad-abad manusia mencoba memahami hal-hal apa yang membentuk kepribadian seseorang. Sejak tahun 1880, Sir Francis Galton mengatakan bahwa kepribadian seseorang dipengaruhi oleh “nature” atau herediter, yaitu sifat yang diturunkan dari orang tuanya, serta dipengaruhi pula oleh “nurture” yaitu lingkungan dimana seseorang itu tumbuh dan berkembang. Namun demikian pada beberapa dekade terakhir banyak penelitian yang mengungkapkan pemahaman biologis dari kepribadian seseorang yang berbeda-beda itu.


Teori-Teori tentang Kepribadian Teori kepribadian menurut Jung Carl G. Jung merupakan seorang psikiater yang berasal dari Swiss yang amat terkenal dengan teori-teori kepribadiannya. Menurut Jung, terdapat suatu indikator (yang disebutnya sebagai indikator tipe Myers Briggs) untuk mengukur kecenderungan kepribadian seorang individu. Indikator ini mengukur kecenderungan individu atas empat skala berikut:


1. Apakah orang tersebut lebih terkait dengan dunia eksternal atau internal (Ekstroversi atau Introversi)
2.Bagaimana kecenderungan orang itu dalam menyerap atau menangkap informasi (Sensing/mengindera atauIntuition/mengikuti kata hati)
3. Bagaimana kecenderungan orang itu dalam mengevaluasi dan mengambil keputusan (Thinking/menggunakan pikiran atauFeeling/menggunakan perasaan)
4.Bagaimana orang itu menjalani hidup, apakah terencana dan menutup diri atau spontan dan terbuka. (Judging/menilai atauPer ceiving/mempersepsi)

Setiap orang memiliki satu kecenderungan dari tiap pasangan karakter yang disebutkan di atas, sehingga terdapat 16 kombinasi atau tipe yang mungkin. Meskipun setiap orang dapat saja memiliki sifat dari kedelapan kecenderungan tersebut, namun ada satu dari setiap pasangan tersebut yang lebih berkembang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar